Kapolres Lumajang Ikuti Apel Siaga Bencana

Kapolres Lumajang Ikuti Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi

Patrolipos.id – Lumajang – Pemerintah Kabupaten Lumajang  menyelenggarakan Apel Gelar Kesiapan Pasukan dan Perlengkapan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi di Alun-Alun Lumajang, Jumat, (9/1/2020).

Dalam pelaksanaan upacara dipimpin langsung Bupati Lumajang Thoriqul Haq didampingi oleh Dandim 0821 Lumajang Letkol Ahmad Fauzi,  Kapolres Lumajang AKBP Adewiranegara Siregar 

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq selaku pembina apel mengatakan, musim penghujan di tanah air kerap diiringi dengan berbagai peristiwa bencana hidrometeorologi.

“Bencana tersebut terkait dengan perubahan cuaca dan curah hujan. Mulai dari angin ribut, banjir, hingga longsor, dan bencana tersebut sudah terjadi di Batang,” kata Cak Thoriq.

Bupati juga mengapresiasi TNI dan Polri bersama relawan yang cepat, sigap dan tanggap dalam membantu menangani bencana di berbagai desa di Kabupaten Lumajang.

“Apel merupakan bagian dari kesiapsiagaan kita dalam mitigasi maupun penanggulangan bencana secara formal. Akan tetapi ada bencana maupun tidak, kita tetap siaga dan siap,” jelasnya.

Sementara itu,  sambutan Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar menyampaikan,  apa yang di sampaikan Bupati dan Dandim 0821 sudah jelas sekali tentang cara dan kewaspadaan  sebagai relawan penanggulanagan bencana alam.

“Kita harus bisa bertindak cepat dan tanggap bila sewaktu – waktu terjadi bencana alam,” tuturnya.

Bertindaklah secara cepat tanpa harus menunggu komando disaat menangani terjadinya bencana utamakan naluri kemanusiaan.

“Kita harus bisa mendeteksi secara dini bila akan terjadi bencana alam, kususnya pihak terkait yang menanggani,” pungkasnya.
Reporter : Suatman

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment