Proyek DD tahap kedua diduga siluman tanpa adanya papan nama

Situbondo| PatroliPos.id

Proyek pembangunan jalan yang menggunakan anggaran Dana Desa (DD), di Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa , Kabupaten Situbondo diduga siluman. Lantaran tak adanya papan proyek di lokasi pembangunan tersebut.

Tim Anggota LBH PETA mengunjungi langsung kedua lokasi tersebut di dusun alun alun dan dusun tunggul gunung Desa kayumas,kabupaten Situbondo

“Seharusnya ada papan proyek agar masyarakat tahu sumber anggarannya dari mana, besaran anggarannya berapa terus Deadline waktu berapa hari. Kalau tidak ada papan proyeknya kayak gini masyarakat jadi tidak tahu,” ujar Eko selaku ketua LBH PETA dan timnya ,Jum’at 24/01/2020

“Papan proyek gunanya memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pengerjaan proyek tersebut. Kalau tidak ada, bagaimana masyarakat bisa ngerti,” terangnya.

Masih menurut ketua dan tim anggota LBH PETA ” tidak adanya papan proyek di Desa Kayumas itu, juga diduga menyalahi aturan sesuai dengan Undang – undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Tidak dicantumkannya papan nama proyek tersebut bukan hanya bertentangan dengan Perpres. Tapi juga tidak sesusai dengan semangat transparansi dan keterbukaan terkait informasi pada masyarakat,” pungkasnya.

Saat dikonfirmasi terkait hal ini, Tim Pelaksana kegiatan (TPK) melalui telfon celuler dibenarkan proyek tsb tidak ada papan nama dan pekerjaannya belum selesai karena cuaca yg tidak mendukung,”pungkasnya”.

Hal tersebut dilakukanya sesuai dengan petunjuk dari inspektorat agar tidak keliru dalam pengerjaan proyek.

Sedangkan, dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 54 tahun 2010 dan Perpres No 70 tahu 2012, tertuang terkait kewajiban memasang papan nama proyek.(Amin)

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment