121 MAHASISWA BERPRESTASI TERIMA BEASISWA DARI PEMKAB LUMAJANG

Patrolipos.id Sebanyak 121 mahasiswa berprestasi dari Lumajang telah menerima beasiswa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab.) Lumajang melalui Dinas Sosial Lumajang.

“Jadi total semua 121 mahasiswa penerima beasiswa yang masing-masing melaksanakan kuliah di 14 perguruan tinggi negeri berbeda, di dalam maupun luar Kabupaten Lumajang,” Ungkap Thoriqul Haq Bupati Lumajang (Cak Thoriq) saat beraudiensi dengan Penerima Beasiswa Mahasiswa Berprestasi tahun 2019, di ruang panti PKK Kabupaten Lumajang, Selasa sore (28/01/20).

Bupati menjelaskan ada 145 mahasiswa yang mendaftar beasiswa ke Dinas Sosial, namun yang lolos verifikasi hanya 121 mahasiswa, beberapa diantaranya mengundurkan diri karena sudah mendapatkan beasiswa bidik misi.

Lebih lanjut, Cak Thoriq mengungkapkan bahwa Program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu ini bisa digunakan semaksimal mungkin, sebab Pemkab Lumajang akan mengoptimalkan anggaran untuk beasiswa tersebut. Oleh karena itu dirinya berkeinginan agar mahasiswa penerima beasiswa untuk terus meningkatkan prestasinya.

Cak Thoriq juga meminta agar program beasiswa itu diinformasikan kepada seluruh pelajar yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri namun terkendala dalam biaya.

“Saya berharap sampaikan pada mereka, terutama adik-adik kelas yang berprestasi dan akan lulus sekolah SMA sederajat tetapi dari keluarga tidak mampu, bahwa ada beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Lumajang, karena dengan begitu membantu kami juga dari Pemerintah untuk supaya mereka tidak terhambat cita-cita dan masa depannya,” harapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, Dewi Susiyanti menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini sebagai motivasi bagi para mahasiswa berprestasi di Lumajang yang layak menerima beasiswa dari Pemkab Lumajang dengan memiliki Index Prestasi (IP) rata-rata diatas 3,00.

“Sebagai penyemangat untuk adik-adik (mahasiswa) bahwa yang menyerahkan beasiswa adalah Bupati Lumajang, serta disini kita (Dinas Sosial) juga melihat hasil pendidikan dari mereka selama satu semester dan apa bila nilainya turun maka mereka tidak akan menerima beasiswa lagi,” jelasnya.

Ia berharap mahasiswa yang telah menerima beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk lebih meningkatkan prestasinya agar program ini terus berjalan, serta bisa meringankan beban orang tua untuk menguliahkan anaknya di perguruan tinggi negeri.
Reporter : Suatman

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment