TINGKATKAN PERAN PEREMPUAN DAN LANSIA DALAM PEMBANGUNAN MELALUI MUSRENBANG

Patrolipos.id – MAYANGAN – Badan Perencanaan Pembangunaan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Probolinggo melakukan inovasi dalam proses perencanaan pembangunan dengan melaksanakan Musrenbang Perempuan dan Lansia, Selasa(4/2), di Aula Kesbang, Jalan Mawar.

Dalam laporannya, Sekretaris Bappeda, Aries Santoso menyampaikan, maksud dan tujuan pelaksanaan musrenbang kali ini, adalah menyediakan forum komunikasi dan diskusi bagi perempuan dan lansia untuk ikut serta memikirkan pembangunan. Dan sekaligus memacu akses dan partisipasi perempuan dalam proses perencanaan pembangunan serta mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

“Selain itu, dengan adanya musrenbang ini kami mengajak para perempuan dan lansia untuk menyampaikan segala aspirasinya terhadap berbagai permasalahan yang ada di Kota Probolinggo serta bagaimana solusi pemecahannya,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kota Probolinggo drg Ninik Ira Wibawati menyatakan, perempuan harus menjadi bagian yang mendorong kemajuan Kota Probolinggo. “Akan dua kali lebih maju dan lebih baik, karena perempuan dan anak juga sudah dilibatkan dan terlibat dalam perencanaan pembangunan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, sekda perempuan pertama di Kota Seribu Taman itu menuturkan, dengan kebijakan Undang-undang Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia serta Perwali Kota Probolinggo Nomor 36 Tahun 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender. Dimana dalam realisasinya, katanya, terbentur dengan berbagai peraturan perundangan yang ada.

“Tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGS,red), adalah pelaksanaan pembangunan harus inklusif. Yaitu semua pihak saling mendukung, berperan, berkontribusi, berpartisipasi dan tidak ada yang tertinggal dan terabaikan,” tuturnya.

Seperti diketahui, Pemkot Probolinggo sangat mengapresiasi peran dan partisipasi perempuan. Hal itu bisa dilihat dari prestasi-prestasi yang telah diraih, salah satunya di tahun 2018 lalu. Dimana Pemkot mendapat penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Madya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

1a8d5535 b689 497d 8a20 8bfe7d0a4fe9

Mengusung tema “Terwujudnya kesejahteraan masyarakat Kota Probolinggo melalui peningkatan peran wanita dan lansia yang mandiri, kreatif dan berdaya saing”, diharapkan perempuan dan lansia mendapatkan kesempatan untuk mengetahui proses perencanaan pembangunan. “Melalui forum ini sekaligus dapat meningkatkan akses, partisipasi, kontrol sekaligus memberikan manfaat yang besar,” tandasnya.

Mendukung upaya perencanaan pembangunan Kota Probolinggo Tahun 2021, musrenbang yang berlangsung menggandeng 3 narasumber untuk memberikan materi diskusi terkait. Diantaranya dari Bappeda Litbang, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan materi keterlibatan perempuan dalam proses pembangunan KKG, dan dari Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB, mewujudkan pembangunan daerah yang ramah lansia.

Musrenbang diikuti sebanyak 106 orang, terdiri dari perencana OPD, unsur PKK, organisasi perempuan, dan lansia. Dimana pada siang harinya, giat akan dilanjutkan dengan diskusi kelompok yang terbagi menjadi 3 kelompok. Yakni, infrastruktur kewilayahan, PPM kesra/sosbud dan ekonomi. (sonea)

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment