DEMI KENYAMANAN WARGA, PEMKOT PASTIKAN KELAYAKANKAN AIR

PATROLIPOS.ID

MAYANGAN –  Menyadari akan kebutuhan air bagi masyarakat, Pemerintah Kota Probolinggo telah melakukan berbagai upaya. Tidak hanya mendroping air bersih ke permukiman warga dan tempat ibadah, Dinas Kesehatan P2KB pun melakukan pengecekan terhadap kelaikan kualitas air yang dibagikan ke masyarakat, Selasa (11/2).

Seperti yang diketahui, kerusakan pipa PDAM memang membuat masyarakat kebingungan untuk mendapatkan air. Sebagai kompensasinya, PDAM telah mendistribusikan air menggunakan tangki. Selain PDAM, Damkar, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pun ikut andil mendroping air bersih. Total ada 10 tangki yang mobile di wilayah Kota Probolinggo.

Jika PDAM mengambil air dari tandon di Wonoasih, Damkar dan DLH mengambil air dari sumber air yang ada. Beruntung Kota Probolinggo punya banyak sumber air yang dapat dimanfaatkan dalam kondisi seperti saat ini. “Namun untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat, saya meminta Dinas Kesehatan mengecek kualitas air tersebut,” ujar Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin.

IMG 20200211 WA0038

Ada dua sumber air yang dicek langsung oleh Dinas Kesehatan, yakni Sumber Air Kekok (Jalan Supriyadi, barat Yon Zipur) dan Sumber Air Sumber pacar di Jalan Arif Rahman Hakim. Hasilnya, secara fisika, dua sumber air kondisinya masih baik dan layak.

Plt Dinas Kesehatan P2KB, dr Nurul Hasanah Hidayati mengungkapkan, jenis pemeriksaan fisika yang dilaksanakan di lokasi ada tiga model. Yaitu PH, TDS (jumlah padatan terlarut) dan kekeruhan. Di Sumber Kekok dan Sumber pacar dinyatakan PH baik (netral), TDS baik dan kekeruhan bagus.

Untuk pengecekan secara kimia harus dilakukan di Labkesda membutuhkan waktu satu hari. Sementara untuk mengetahui air mengandung bakteri ecoli atau tidak harus menunggu 2-4 hari karena membutuhkan proses pengeraman.

dr Ida-panggilan akrabnya menyatakan, standar air layak pakai untuk rumah tangga/konsumsi adalah air PDAM. “Sumber air yang ada ini untuk alternatif. Untuk cuci, mandi bisa karena secara fisik bagus. Kalau untuk dikonsumsi kami menyarankan gunakan air galon yang sudah teruji,” jelasnya, saat ditemui di lokasi sumber air.

Hingga saat ini, droping air untuk masyarakat terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Probolinggo. Melalui droping tersebut diharapkan sedikit meringankan beban masyarakat akibat kerusakan pipa PDAM yang masih terus dikerjakan oleh tim teknis.

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment