WALI KOTA CEK PERBAIKAN PIPA PDAM, MAKSIMALKAN DROPING AIR BERSIH

TEGALSIWALAN – Kenyamanan bagi sebagian besar pelanggan PDAM Kota Probolinggo harus terusik sejak Sabtu (8/2) lalu. Ini lantaran adanya kerusakan pipa ukuran 18 dim milik PDAM di sumber air Ronggojalu, Desa Banjarsawah, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo yang menjadi penyalur utama air ke Kota Probolinggo.

IMG 20200210 WA0058

Hingga Senin (10/2) sore, perbaikan pipa masih berlangsung. Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin pun datang untuk mengecek sejauh mana perbaikan itu dilakukan oleh tim teknis PDAM. Tiba di lokasi, Habib Hadi disambut Direktur PDAM Siswadi yang kemudian menjelaskan kondisi terkini dari pipa zaman Belanda itu.

Penyebab kerusakan pipa karena struktur tanah yang berlumpur membuat kondisi tanah semakin menurun. “Saya melihat sendiri perbaikannya memang tidak mudah. Dan, saya tahu keluhan masyarakat begitu massif karena air memang sumber kebutuhan kita,” ujar Habib Hadi.

“Tapi, tolong dilihat. Kami, para petugas berupaya terus untuk membenahi ini semua. Sampai harus mencari alatnya ke Surabaya. Ini adalah upaya agar pipa bisa berfungsi lagi, pengerjaannya harus pelan-pelan dan penuh kehati-hatian,” imbuhnya.

Wali kota pun berharap perbaikan cepat selesai. “Tapi, kita lihat tantangannya dan harus dimengerti. Pipa ini menyalurkan 130 liter air per detik, jadi tekanannya begitu besar,” sambung mantan anggota DPR RI ini. 
Mengantisipasi krisis air bersih bagi masyarakat Kota Probolinggo, khususnya sekitar 19 ribu pelanggan PDAM, Pemerintah Kota Probolinggo melakukan droping air bersih ke sejumlah permukiman warga sejak adanya perbaikan pipa.

IMG 20200210 WA0081

Seperti Senin (10/2) pagi, droping menggunakan truk tangki diberikan ke warga di Perumahan Bromo, Perumahan Kopian, Perumahan Arum Permai hingga ke Pakistaji, Kecamatan Wonoasih. Tidak hanya menggunakan truk tangki PDAM, truk milik Damkar, Dinas Lingkungan Hidup dan PDAM Kabupaten Probolinggo dikerahkan. Sasaran droping pun diberikan ke tempat ibadah seperti mushola atau masjid.

Bahkan, secara interaktif masyarakat yang membutuhkan air bersih dapat menghubungi petugas. Minggu (9/2) malam, petugas pun droping ke Perumahan Sumber Taman Indah, Kecamatan Wonoasih.

Saat ditanya kapan perbaikan selesai? “Kami tidak menunda-menunda perbaikan. Semua sedang dikerjakan untuk memperlancar aliran air ke masyarakat. Mohon doanya supaya cepat selesai dan tentunya kami memohon maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan ini,” jawab Wali Kota Habib Hadi.

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment