KAMPING HINGGA SARASEHAN, KOMITMEN KEMBANGKAN PANTAI PERMATA

KADEMANGAN –  Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 terus berlanjut di Kota Probolinggo. Sabtu (22/2) malam, digelar kamping mania jurnalis dan komunitas bareng Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Probolinggo di Pantai Permata Pilang, Kecamatan Kademangan.

Malam itu, sarasehan yang diikuti para jurnalis dan berbagai komunitas berjalan gayeng. Wali Kota Hadi Zainal Abidin; Kapolres Probolinggo Kota, Ambariyadi Wijaya; Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Inf Imam Wibowo; Sekda drg Ninik Ira Wibawati bersama kepala OPD saling sharing untuk mengembangkan destinasi wisata baru di kota mangga dan anggur ini.

“Teman-teman media dan komunitas yang hadir, kita adalah saudara yang punya tujuan untuk Kota Probolinggo ke depan.  Tentunya, kita ingin menunjukkan bahwa Kota Probolinggo ada potensi yang wajib kita kembangkan. Perlu langkah besar untuk wujudkan Pantai Permata menjadi destinasi wisata,” ujar Wali Kota Habib Hadi, membuka sarasehan beratapkan langit malam itu.

IMG 20200222 WA0051

Wali kota meminta jurnalis dan komunitas ikut mempromosikan Pantai Permata yang memiliki luas sekitar 15 hektare ini. Misalnya, mengadakan kegiatan yang menjadi rujukan masyarakat atau acara komunitas. Dan, malam itu jadi momen launching gelaran jazz pantai saat Hari Jadi Kota Probolinggo pada September nanti.

“Harus ada event untuk mendukung terwujudnya harapan kita bersama. Kalau mau menginap, kamping silakan. Pokdarwis dikabari biar komunikasi tetap baik dan berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Apa yang menjadi niatan baik ini menjadi tanggung jawba untuk memikul bersama pembangunan Kota Probolinggo,” jelas Habib Hadi.

Harapan Wali Kota Habib Hadi ini mendapat dukungan dari Kapolres AKBP Ambariyadi Wijaya. Menurutnya, apa yang diharapkan wali kota adalah harapan kita semua. Pantai Permata yang tertata dapat membawa manfaat yang luar biasa bagi perekonomian Kota Probolinggo.

“Banyak yang bisa digali, bukan hanya menikmati pantai, tapi edukasi juga. Seperti yang dikatakan disini banyak kerang tebalan, ini menarik bisa dikemas dalam paket wisata. Mulai mencari kerang sampai memasak. Kami siap mendukung lahir batin demi majunya Kota Probolinggo. Khususnya pembangunan kota. Ekonomi maju, ekonomi sehat, kamtibmas juga akan sehat, itu harapan saya,” beber AKBP Ambariyadi.

IMG 20200222 WA0048

Dukungan senada pun disampaikan Dandim Letkol Inf Imam Wibowo. Menurutnya, apa yang diimpikan Wali Kota Habib Hadi, dengan kearifan lokal dengan tetap menjaga kecintaan pada wilayah pasti akan didukung. “Kami siap mendukung hal-hal yang dilaksanakan terhadap apa yang sudah direnanakan. Tepat saat Hari Jadi Kota betul-betul diimplementasikan apa yang direncanakan,” sambung dandim.

Pada kesempatan malam itu, Perwakilan Jurnalis Probolinggo Kota (Jispro), Dandy Arie Ghafur menyatakan, kegiatan yang terlaksana ini sejalan dengan program kerja untuk mengembangkan wisata. Jispro punya beberapa program. Diantaranya, kajian tentang menggali potensi wisata di Kota Probolinggo dalam bentuk buku sekaligus visual.

Metode yang dilakukan berupa survei ke beberapa daerah. Kemudian hasilnya diberikan ke Pemerintah Kota Probolinggo untuk menjadi rekomendasi.

“Kami mendukung pembangunan Pantai Permata. Ada beberapa kegiatan yang bisa kami lakukan seperti pelatihan bencana bekerjasama dengan BPBD dan Tagana. Atau pelatihan jurnalistik disini. Komunitas lain yang punya program juga bisa dilakukan disini,” ujar jurnalis SCTV itu.

Saran juga disampaikan Komunitas Jip Bromo, Umam, yang mengaku komunitasnya mendukung pengembangan Pantai Permata. “Tetapi kami berharap agar tidak semua dipasangi paving. Biar alamnya dapet. Jadi, nanti trip bisa ke Bromo dan (pantai) Permata,” imbuhnya.

Jadi Venue Hari Jadi

IMG 20200222 WA0047

Saran dan masukan yang disampaikan berbagai pihak itu disambut hangat Habib Hadi. Ia pun menetapkan pada 4 – 6 September 2020, rangkaian Hari Jadi Kota Probolinggo dilaksanakan di Pantai Permata. Semua komunitas berkumpul dan diminta mengisi kegiatan dalam hari-hari tersebut.

“Usulan yang bagus. Sekecil apapun masukan, akan saya respons. Ide akan saya tampung. Semua idenya bagus luar biasa. Saya berharap semua komunitas bisa masuk disini. Kita berkomitmen Hari Jadi Kota Probolinggo disini agar memberi dampak ekonomi pada masyarakat. Lahan bagus, luas, tinggal sarpras pendukung. Kita atur dari sekarang,” tegas Habib Hadi yang juga akan mengkoordinasikan terkait keamanan di Pantai Permata tersebut.

Sarasehan malam itu diakhiri dengan bakar ikan dan makan bareng. Selanjutnya, bincang santai dan diskusi kecil terjadi antar elemen yang ada disana. Para jurnalis pun nampak begitu antusias dengan gelaran kamping. (famydecta)

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment