Rangkaian Giat HUT TAGANA INDONESIA KE 16, Bukit Gumuk Rase Jember Jawa Timur Jadi Sasaran Program Penghijauan

(patrolipos.id) Surabaya, Minggu 08/03_Perayaan Hari Ulang Tahun Tagana Indonesia yang ke 16 th tinggal menghitung hari. Beberapa pihak mulai mempersiapkan datangnya hari yang mempunyai nilai history tersendiri, khususnya pada jajaran kemensos dan Tagana Indonesia.

Sebagai langkah awal atau kick off menuju hari puncak perayaan tersebut, Tagana kabupaten Jember bersama Tagana provinsi jawa timur yang melibatkan Kasi Bencana Alam provinsi jawa timur “Ita Listiani” didampingi Koordinator Tagana Jawa Timur “Twi Ady” pada hari minggu 08 maret 2020, gelar aksi positif penuh mamfaat pada alam, lingkungan dan masyarakat luas, dengan background “Penghijauan Bukit Gumuk Rase” .

Kegiatan ini diwarnai dengan penanaman 11.000 pohon, yang berlokasi di Bukit Gumuk Rase Desa Kemuning Kidul Kecamatan Jenggaw Kabupaten Jember Provinsi Jawa timur. Bukit Gumuk Rase sendiri merupakan ikon bagi masyarakat desa setempat.

“Betul mas syaiful, jadi kami tadi telah menancapkan sekitar 11.000 pohon disana, mulai dari jam 07.00 wib dan selesai jam 10.00 wib” jelas Rudy tiwul koordinator tagana kabupaten Jember.

Kadinsos Kabupaten Jember “Wahyu Setyo Handayani SKM. MSi” turut berpesan lewat koordinator tagana Rudy Tiwul, bahwasanya kegiatan tersebut jangan sampai berakhir disitu saja, dengan kata lain Kadinsos berharap agar ada tindak lanjut atas kegiatan dimaksud, hingga target kegiatan tercapai dan berkelanjutan, baik pada pengawasan hingga pada perawatannya.

Menyikapi hal tersebut, Rudy T menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak desa setempat untuk menindak lanjuti pesan Kadinsos yang disampaikan langsung padanya. “Saya sudah berkoordinasi dengan kepala desa setempat untuk melakukan pengawasan dan perawatan mas, sebagai bentuk tindak lanjut dan tanggung jawab saya dalam mengawal kegiatan tadi. Saya akan bentuk SAHABAT TAGANA yang tupoksinya adalah mengawasi dan merawat tanaman itu tadi mas” pungkasnya.

Disisi lain, kepala seksi KASI Bencana Alam kabupaten Jember “Teguh Sulistiya SKM. MSi” sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, “Kami sangat berterimakasih sekali kepada semua pihak yang turut membantu penanaman 11.000 pohon tadi mas, kami berharap agar selanjutnya ada program-program lain baik dari pusat atau provinsi untuk kabupaten Jember, yang mengarah pada antisipasi terjadinya longsor dan banjir di daerah kami, serta mohon petunjuk dan bimbingannya selalu” tuturnya.

“Sebagaimana kegiatan penanaman tadi, itu pas sekali untuk meminimilir adanya bencana Banjir dan Longsor mas, dan dapat menekan dampak perluasannya” imbuhnya.

Selain giat Penanaman ribuan bibit pohon, Tagana kabupaten Jember juga open Dapur umum, yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan kegiatan utama, serta membuat rencana mitigasi yang berbasis masyarakat.

Bibit yang ditanam pun tidak hanya berfokus pada satu jenis saja, tetapi terdiri dari berbagai jenis bibit yang sukses tertancap di Bukit Gumuk Rase kabupaten jember, diantaranya bibit Matoa sebanyak 1000 bibit, Cemara berjumlah 1000 bibit, Sirsat 1000 bibit, Akasia 1000 bibit, Jambu biji 1000 bibit, Sengon 1000 bibit, Juwet sebanyak 1000 bibit dan lain-lain dengan jumlah keseluruhan yang telah tertancap di lokasi penanaman sebanyak 11.000 bibit pohon.

Aksi ini juga melibatkan Dinsos kabupaten Jember, Karang Taruna Desa Kemuning kidul, TNI POLRI, Siswa-siswi lewat TMS dan beberapa unsur lainnya (syaiful/patrolipos).

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment