Banjir Bandang Serang Ratusan Hunian Warga. Tagana Kab. Bondowoso Tunaikan Tugas Kemanusiaan.

Patrolipos.id – Bondowoso, Sebagaimana kejadian banjir di daerah lain sebelumnya, penyebab utamanya adalah karena adanya curah hujan yang sangat tinggi dengan intensitas lebat dan spasi yang cukup lama.

Kondisi inilah yang kemudian memicu terjadinya banjir diberbagai lokasi di kawasan jawa timur.

Banjir yanga datang mengusik ketenangan warga kabupaten Bondowoso jawa timur, tepatnya di desa Sempol dan desa Kalisat Kecamatan IJEN Kabupaten BONDOWOSO JAWA TIMUR, pada tanggal 14 Maret 2020 pukul 14.30 Wib.  Tidak tanggung-tanggung, banjir Bandang ini tergolong paling banyak menyasak tempat tinggal warga dan menimbulkan dampak kerusakan pada sejumlah fasilitas umum, kerugian materiel serta kelumpuhan aktivitas semua sektor yang ada di sekitarnya.

Dinas Sosial Kabupaten Bondowoso tidak mau menunggu lama dengan alasan apapun, pihaknya segera memimpin SDM Tagana untuk membuka layanan dapur umum agar secepatnya para korban bencana banjir Bandang terbantu kebutuhan pokoknya.

Intruksi Dinsos pun direspon cepat oleh relawan Tagana Dinsos Kabupaten Bondowoso, preper pagelaran DU (Dapur Umum) di ststart di hari yang sama pada malam harinya, yaitu hari sabtu tanggal 14 maret 2020 Pukul 23.30 wib, dengan target awal yang harus dicapai adalah mempersiapkan makan pagi para warga terdampak sejumlah 1000 bungkus.

Beberapa dukungan untuk melancarkan tugas para relawan Tagana kabupaten Bondowoso pun turut disiapkan oleh beberapa pihak, seperti  dukungan air bersih dari PDAM, maksimalisasi bahan dan alat dari Dinsos kabupaten Bondowoso serta dukungan logistik dari Pemprov Jatim melalui gudang logistik Dinas Sosial provinsi jawa timur.

Hasil tak akan khianati usaha, target team relawan Tagana sediakan sarapan untuk para warga terdampak bencana banjir bandang dapat terselesaikan dengan baik. Hari minggu pagi 15/03 para warga dapat menikmati suguhan ikhlas dengan tendensi kemanusiaan, sarapan itu tersajikan dengan senyum ramah para anggota tagana kabupaten Bondowoso, sambil menyembunyikan rasa capek dan ngantuk mereka dibalik senyum kemanusiaannya.

Siang harinya Tagana kabupaten Bondowoso masih terlihat aktif salurkan paket bantuan pada warga korban banjir bandang, sebagaimana yang sempat kami dokumentasi kegiatan tersebut dibawah ini.(Saiful)

Bagikan :

Leave a Comment