GIAT PROTEKSI PENYEBARAN VIRUS CORONA TERHADAP PENUMPANG KM. SABUK NUSANTARA 115 DI DERMAGA MASALEMBU

Sumenep, Patrolipos.id – Pada hari Sabtu 4 April 2020 satgas Covid-19 siaga di dermaga masalembu kabupaten Sumenep sejak pukul 21.05 Wib. Hal tersebut dimaksudkan melaksanakan kegiatan Proteksi penyebaran virus corona (Covid 19) terhadap penumpang KM. Sabuk Nusantara 115 (rute Pel Kalianget-Pel Masalembu) yang akan bersandar di Pelabuhan Masalembu Kabupaten Sumenep dengan perkiraan waktu tiba di Pelabuhan Masalembu Pukul 20.55 Wib.

Setibanya kapal di Dermaga Masalembu, rangkaian kegiatan pun digelar sesuai dengan TUPOKSI masing-masing satuan, yang diantaranya Petugas medis dari Puskesmas dan Petugas Syahbandar Masalembu melakukan proteksi kepada para penumpang KM. Sabuk Nusantara 115 dengan mekanisme yang berbeda yaitu, Petugas Syahbandar Masalembu melakukan pemeriksaan Suhu tubuh satu persatu penumpang yg turun dari Kapal dengan Termogun. Sedangkan Petugas medis melakukan Screaning dengan cara memberikan Hand Scrub berupa cairan Antiseptik kepada semua penumpang yang turun dari Kapal.

Sementara dari satuan TNI POLRI bertugas mengatur untuk ketertiban dan kelancaran kegiatan, dan sebagian lagi memberikan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Covid 19 kpd penumpang Kapal dengan menyampaikan himbauan Physical Distancing atau jaga jarak Fisik, serta himbauan pada Penumpang yg baru datang utk melakukan Isolasi Mandiri selama 14 hari, dan selanjutnya bila mengalami keluhan batuk, pilek, demam, sesak Napas dan suhu tubuh tinggi, maka dianjurkan untuk segera datang ke Puskeamas. Dan kegiata adalah melakukan pendataan identitas dan asal perjalanan kepada semua penumpang sebelum akhirnya diperkenankan pulang.

Kanit Intel Polsek Masalembu yang akrab disapa “Heru” memaparkan bahwa dari hasil kegiatan tadi pihaknya tidak mendapati penumpang yg Suhu Tubuhnya diatas 37 derajat.

“Dari serangkaian kegiatan kami tadi maka alhamdulillah, semua penumpang dalam kondisi baik dan sehat, serta dinyatakan negatif gejala covid-19” jelas Heru.

Beberapa instansi dan lembaga yang terlibat pada kegiatan ini adalah dari unsur medis
Puskesmas Masalembu, Polsek Masalembu, Koramil Masalembu, Syahbandar Masalembu, dari Kecamatan, pemdes Masalima orang, pemdes Sukajeruk dan relawan Tagana.

Kegiatan tersebut baru selesai pada Pukul 22.40 Wib serta berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

Penulis : Syaiful

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment