Pemkab Gelar Rakor Percepatan Penanganan COVID-19

KRAKSAAN, Patrolipos.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) percepatan penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo, Sabtu (4/4/2020).

Rakor ini dipimpin oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono.

Kegiatan ini diikuti oleh Satgas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Camat, Kepala Puskesmas dan Lurah di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan kondisi saat ini memaksakan semua untuk melakukan berbagai upaya dalam melakukan percepatan penanganan COVID-19. Oleh karena itu jangan samakan dengan satgas lain, karena ini menyangkut nyawa manusia.

“Mari kita bangun komitmen bersama-sama. Apa yang kita lakukan hari ini untuk melindungi diri sendiri dan keluarga. Jika ada satu saja maka akan berimbas pada semuanya. Mantapkan betul-betul koordinasi dan komunikasi sehingga komposisi satgas benar-benar memberikan ketepatan lebih dari sebelumnya,” jelasnya.

Menurut Bupati Tantri, hingga saat ini posisi Kabupaten Probolinggo masih aman. Artinya belum ada virus Corona dan semoga tidak akan pernah ada di Kabupaten Probolinggo. Strateginya harus ditindaklanjuti oleh seluruh Camat, salah satunya dengan menguatkan check point yang ada di kecamatan dan desa.

“Khususnya kepada Dinas Perhubungan perkuat chech point yang ada di pintu masuk tol. Jika kemudian skema ini tidak bisa fokus pada satu titik, mintalah ke pengelola tol untuk menutup sementara. Sehingga tersisa satu pintu masuk tol dan mempermudah pengawasan,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati Tantri meminta kepada seluruh Camat agar tidak ragu untuk menutup ruas jalan sehingga difokuskan pada satu jalan. Hal ini juga akan melibatkan personil TNI/Polri karena komitmen dari Kapolres Probolinggo dan Dandim 0820 Probolinggo akan memback up kegiatan Pemerintah Daerah dalam upaya pencegahan COVID-19.

“Yang menjadi PR adalah ruas jalan pantura serta Leces sampai Tegalsiwalan. Coba nanti dikonkretkan lagi untuk mengambil langkah. Tujuannya untuk meringankan beban supaya fokus di satu ruas. Sosialisasi banner sebanyak-banyaknya sehingga masyarakat akan memahami untuk mempelajari situasi dan kondisi sehingga merasa tidak dipersulit masuk. Harapannya mengurangi masyarakat yang keluar rumah untuk hal yang tidak penting,” pungkasnya.

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment