Satgas Penanganan Covid 19 Kecamatan Masalembu Sumenep Gerak Aktif Dengan Fasilitas Terbatas

Sumenep (Patrolipos.id) – Satuan Tugas atau SATGAS penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 di pulau Masalembu kecamatan Masalembu kabupaten Sumenep pro aktif dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya.

Walau dengan peralatan seadanya tanpa APD dan fasilitas lain, SATGAS ini terus bergerak untuk melindungi wilayahnya dari sebaran virus maut ini, hanya dengan bermodal masker dan peralatan lain yang tersedia di PUSKESMAS setempat, pihaknya gencar melakukan sosialisasi, himbauan serta pendataan (SCREENING) pada setiap lokasi kedatangan perahu dan kapal.

Kepala PUSKESMAS Kecamatan Masalembu “H. Moh. Haedar” menyampaikan bahwa pihaknya selaku gugus depan dalam penanganan Covid-19 terus berupaya semaksimal mungkin melakukan upaya-upaya pencegahan, dengan melakukan koordinasi inten dengan pihak FORPIMKA kecamatan Masalembu serta pihak lainnya.

“Kami selalu berkoordinasi dengan FORPIMKA, Pemdes hingga tingkat RT/RW, serta bersinergi dengan pihak-pihak lain seperti Pendidikan swasta dan Negeri, perhubungan (syahbandar), NU dan teman-teman LSM, agar perjuangan ini betul-betul maksimal walau dengan fasilitas seadanya. Dan yang terpenting adalah pulau Masalembu selalu dalam status “GREEN ZONE” (Zona Hijau)” tutur H. Haedar.

Pulau Masalembu Penduduknya sebagian besar ada di perantauan, Malaysia, Singapura, Arab saudi dan banyak juga yang buka usaha di ibu kota Jakarta. Pada masa pandemi inilah masyarakatnya mulai terancam penyebaran Covid-19 disaat warganya mulai berbondong-bondong mudik, yang sebagian besar mereka berasal dari Red Zone (Zona Merah).

Kemudian SATGAS covid-19 kecamatan Masalembu terus bekerja keras agar wilayahnya betul-betul safety dari COVID-19. Pemantauan dan pengawasan diprioritaskan pada pelabuhan resmi dan pelabuhan tradisional, baik pada kapal penumpang resmi/pelni ataupun pada perahu seperti dokumentasi di bawah ini,

WhatsApp Image 2020-04-04 at 11.43.21
WhatsApp Image 2020-04-04 at 11.33.07
WhatsApp Image 2020-04-04 at 11.35.51
WhatsApp Image 2020-04-04 at 11.44.49

Rahmat atau yang akrab dipanggil “P. Mamat” petugas senior dari kantor kesyahbandaran kecamatan Masalembu, membenarkan adanya kegiatan tersebut dan pihaknya mendukung sekali dalam penanganan Covid-19 ini.

“Betul pak, jadi kami sebagai pemilik sarana dan fasilitas ke pelabuhanan siap sepenuhnya mendukung dan membantu, baik fasilitas bahkan tenaga pak kami juga siap. Karena pelabuhan merupakan tempat masuknya kapal, barang dan penumpang ” jelas Mamata

“Disisi lain saya ingin menambahkan bahwa pihaknya juga sudah mempersiapkan peralatan dan bahan untuk penyemprotan DISINFEKTAN, kami sudah beli alatnya dan tinggal persiapan penggunaannya, nantinya akan kami prioritaskan pada seluruh penumpng baik kapal ataupun perahu” Mamat menambahkan.

(Syaiful/patrolipos)

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment