SIAPKAN WASTAFEL, EDUKASI MASYARAKAT RAJIN CUCI TANGAN

PROBOLINGGO, Patrolipos.id – Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin melanjutkan pemasangan wastafel portabel ke sejumlah titik pasar di lima kecamatan, Senin (6/4) pagi. Dari 25 wastafel yang disediakan Dinas PUPR dan Kawasan Permukiman, semua diperuntukkan bagi pasar yang dikelola pemerintah atau swasta.

“Semua pasar di Kota Probolinggo perlu diberi fasilitas wastafel ini untuk meningkatkan kebersihan dan kewaspadaan bersama. Saya tidak ingin masyarakat yang ke pasar, akan pulang ke rumah tidak dalam keadaan bersih. Baiknya cuci tangan dulu di tempat yang sudah disediakan (sebelum pulang),” tegas Habib Hadi-sapaan akrab wali kota.

WhatsApp Image 2020 04 06 at 10.40.36 1

Pada Minggu (5/4), tiga unit wastafel portabel dipasang di Pasar Ikan Mayangan (dua unit) dan Alun-alun sisi selatan (1 unit). Sedangkan Senin (6/4) pagi, pemasangan wastafel di Pasar Mangunharjo dan Pasar Randupangger (Kecamatan Mayangan), kemudian Pasar Pakis Jaya di Kedung Asem dan Pasar Wonoasih (Kecamatan Wonoasih).

Dilanjutkan ke Pasar Piyeng di Jrebeng Lor (Kecamatan Kedopok). Lalu Pasar Poh Sangit, Pasar Triwung Kidul dan Pasar Ketapang (Kecamatan Kademangan). Di Pasar Baru (Kecamatan Kanigaran) bakal dipasang juga wastafel portabel tambahan.

Meski sudah terpasang wastafel lengkap dengan sabun, tisu dan langkah cuci tangan dengan benar, Wali Kota Habib Hadi berharap masyarakat ikut menjaga fasilitas dari pemerintah yang berasal dari dana APBD tersebut.

“Ayo kita jaga bersama. Kami menyediakan sarana prasana tapi perawatannya tergantung masyarakat juga khususnya yang sering ke pasar. Harus saling menjaga dan ini membutuhkan kesadaran masyarakat,” tutur Habib Hadi.

Wali kota pun meminta penjaga pasar memberi tulisan yang menunjukkan tempat cuci tangan dan ikut bertanggungjawab atas keberadaan wastafel tersebut. “Mudah-mudahan bisa terjaga dan terawat. Pemerintah kota sudah memfasilitasi, tanggung jawab menjadi tugas bersama masyarakat,” imbuhnya.

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment