GELAR RIBUAN RAPID TEST MASSAL DI PELABUHAN PROBOLINGGO

Patrolipos.id – MAYANGAN – Sambil bersepeda Wali Kota Hadi Zainal Abidin-Wawali Mochammad Soufis Subri bersama sejumlah pejabat Pemerintah Kota Probolinggo menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga, menghadiri pembukaan pelaksanaan rapid test massal di kantor Pelindo III Cabang Probolinggo, Jumat (5/6) pagi.

WhatsApp Image 2020 06 05 at 09.06.46Rapid test disediakan sebanyak 3000 orang ini akan dibagi dalam tiga hari, mulai hari ini hingga Minggu (7/6). “Sasaran utamanya teman-teman di pelabuhan seperti ABK (anak buah kapal), nelayan dan lainnya. Untuk upaya pencegahan penyebaran COVID 19 dapat terlaksana dengan baik,” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Capt Subuh Fakkurochman dalam sambutannya.

Menurut GM Pelindo III Cabang Probolinggo Adji Djoko Wibowo menyatakan, rapid test ini adalah program peduli BUMN untuk negeri. “Pelindo III mendapat 50 ribu rapid test untuk 4 wilayah regional se- Jawa Timur,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan rapid test yang dilaksanakan oleh Pelindo bersama KSOP. Melalui rapid test ini dapat diketahui sejak dini apakah ada yang terpapar COVID 19. Karena seperti yang kita tahu, kata Habib Hadi, pelabuhan merupakan salah satu akses keluar masuk ke wilayah Probolinggo dan banyak aktivitas pekerja disini baik itu nelayan atau ABK.

“Rapid test ini sebagai skrining. Apabila hasil tes dinyatakan reaktif maka dipastikan lagi dengan tes swab, RSUD dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo sudah punya alatnya. Semisal ada yang reaktif tidak usah bingung, pemerintah melakukan langkah-langkah sesuai dengan standar yang ada. Mudah-mudahan hasilnya non reaktif semua,” ujar wali kota yang pagi itu juga didampingi Sekda drg Ninik Ira Wibawati.

WhatsApp Image 2020 06 05 at 09.06.46 1Wali Kota Habib Hadi berpesan, masyarakat selalu mengikuti protokol kesehatan anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID 19. Seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak, tidak berkerumun dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Anjuran ini untuk kebaikan anda, keluarga anda. Apabila tidak melaksanakan protokol kesehatan sama halnya membahayakan diri sendiri. Kami dan kepala OPD sudah menjalani rapid tes, Alhamdulillah hasilnya non reaktif. Lebih bagus ikut rapid tes dari pada menghindar, jangan takut, lebih baik mengetahui sekarang,” tegasnya.

Acara ceremonial pembukaan itu dilanjutkan pemantauan lokasi pengambilan darah untuk rapid test di salah satu ruangan di kantor Pelindo. Di dalam ruangan itu sudah siap petugas dari Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo. Antrean rapid test tersebut juga menerapkan physical distancing sesuai protokol kesehatan.

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment