DIALOG INTERAKTIF DI PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP

Patrolipos.id – KANIGARAN – Tepat 5 Juni tengah diperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tahun 2020. Untuk mengingat peringatan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo mengisi talkshow di Radio Suara Kota Probolinggo. Berbagai hal pun dibahas dalam peringatan HLH bertema “Time To Nature” ini.

Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kemitraan Lingkungan Hidup (P2KLH) Suciati Ningsih menjelaskan, memperingati HLH, pihaknya mengawali dengan kegiatan kerja bakti di lingkungan internal, sosialisasi bersama masyarakat melalui dialog interaktif di radio serta serangkaian kegiatan sesuai dengan situasi dan kondisi di tengah wabah corona.

Suci-panggilan akrabnya, siang itu ditermani Kabid Penanggulangan dan Penanganan Sampah (P2S) Sunjoto, menambahkan, DLH Kota Probolinggo telah melakukan aksi tindak lanjut diantaranya melakukan pemantauan dan pengawasan terkait proses pengelolaan limbah yang dihasilkan dari tempat karantina.

“Pemkot Probolinggo punya rumah karantina di rusunawa dan karantina SMKN 2. Kami juga melakukan pengambilan sampah secara rutin dari lokasi tersebut dan membantu melakukan pemakaman jenazah pasien covid-19 di Pemakaman Kopian Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan,” terangnya saat ditanya peran DLH dalam pandemi COVID 19.

Pengelolaan limbah ini disebutkan tidak main untuk mengendalikan, mencegah dan memutus penularan COVID 19 di Kota Probolinggo. Penanganan limbah infeksius dan sampah rumah tangga dari penanganan covid-19 itu sendiri, ditegaskan Sunjoto sudah sesuai dengan SE.2/MENLHK/PSLB3/PLB.3/3/2020, yang mencakup 3 bagian. Yaitu, limbah yang berasal dari fasilitas pelayanan kesehatan, limbah dari rumah tangga yang terdapat ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.

Suci pun berpesan pada masyarakat, untuk mengurangi penggunaan masker medis yang tidak perlu. Hal itu untuk mengurangi jumlah masker medis yang berakhir di Taman Pembuangan Akhir (TPA).

“(Untuk masyarakat) Cukup memakai masker kain saja, apalagi selain harganya relatif terjangkau, masker kain motifnya juga beragam. Masker bedah atau surgical hanya digunakan oleh nakes (tenaga kesehatan, red). Mari jaga alam ini demi Kota Probolinggo yang semakin luar biasa. Kita pasti bisa melewati kondisi ini, ” tandasnya.

Seperti diketahui, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun, pada tanggal 5 Juni. Demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet bumi.

Dilansir dari Wikipedia, disebutkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan instrumen penting yang digunakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan serta mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia. Hari peringatan ini dipandang sebagai kesempatan bagi semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment