POLI RSUD DIBUKA, TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DEMI KENYAMANAN MASYARAKAT

Patrolipos.id – MAYANGAN – Menuju new normal, RSUD dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo telah membuka pelayanan rawat jalan poli. Dengan penerapan protokol kesehatan yang tepat, masyarakat yang akan berobat diharapkan tidak takut terinfeksi COVID 19 ketika sedang berobat.

Hal ini disampaikan dalam diskusi bareng jurnalis yang dihadiri oleh Wali Kota Hadi Zainal Abidin dan Wawali Mochammad Soufis Subri, Jumat (12/6) malam. Acara yang menerapkan protokol kesehatan itu digagas RSUD dr Mohamad Saleh, diikuti pihak manajemen dan tenaga kesehatan.

Dalam pertemuan itu, Plt Direktur RSUD dr Mohamad Saleh, dr Abraar menjelaskan antara dokter perawat dan wartawan sama-sama bertanggung jawab dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pandemi COVID 19. Tentu saja dengan peran yang dimiliki masing-masing.

IMG 20200612 WA0168“Bersama-sama memberikan edukasi yang mulai mengarah ke new normal. Bagaimana menyikapi dan apa yang harus disiapkan. Karena kapan berakhirnya COVID 19 ini semua tidak tahu,” ujar dr Abraar.

Pihak rumah sakit pun telah menyiapkan skema menghadapi COVID 19 supaya masyarakat tidak takut pada rumah sakit. Semua poli dibuka seperti semula, ada yang Senin sampai Jumat atau Senin sampai Kamis. Meski sudah dibuka, kebijakan tersebut akan terus di-evaluasi oleh pihak manajemen.

Setiap pasien yang akan memeriksakan diri ke poli harus menjalani serangkaian protokol kesehatan. Yaitu menjalani pemeriksaan suhu badan menggunakan thermo gun, cuci tangan dengan air dan sabun di tempat yang disediakan, wajib menggunakan masker hingga antrean yang menerapkan physical distancing.

“Poli sudah dibuka, kami siapkan skrining. Setiap harinya akan kami evaluasi. Terkait penunggu pasien akan tetap kami batasi, karena new normal ini bukan lagi kembali seperti zaman dulu. Tapi ada protokol kesehatan yang harus diterapkan,” ujar dr Abraar, yang punya misi membawa RSUD menjadi rumah sakit unggulan bagi masyarakat Kota Probolinggo ini.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi kepada tim nakes COVID 19. “Alhamdulillah sempat zero, tapi ada lagi, tidak apa-apa, terus semangat ya. Karena anda semua menjadi tumpuan penanganan pasien,” katanya bangga.

Kepada masyarakat, wali kota berharap memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada rumah sakit dalam menangani pasien baik itu pasien sakit biasa atau pun COVID 19. Katanya, pasien diminta jujur kepada nakes agar mendapat penanganan yang layak dan sesuai.

Wawali Subri juga memberikan semangat agar RSUD terus berupaya maksimal memberikan pelayanan sambil menunggu RS baru berdiri. “Pesan saya, diatur jam kerja nakesnya dalam bertugas menangani COVID 19. Jika tidak benar-benar (diatur dengan baik), kesehatan dan imunitas nakes menurun justru bisa membahayakan,” tutur Subri.

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment