Walikota Probolinggo Habib Hadi Sidak ke Sejumlah OPD dengan Bersepeda

Patrolipos.id, PROBOLINGGO – Jumat (3/7), menjadi hari pertama pelaksanaan Bike To Work (BTW) yang sempat vakum beberapa bulan usai diberlakukan oleh Pemerintah Kota Probolinggo. Menguatkan kebijakan tersebut, BTW dilaksanakan seluruh ASN setiap bulan di pekan pertama.

Melalui surat edaran yang ditandatangani oleh Sekda drg Ninik Ira Wibawati itu, pelaksanaan BTW di tengah pandemi COVID 19 ini harus tetap memperhatikan keselamatan ketika di jalan. Saat bersepeda memastikan kondisi tubuh fit, solo ride (bersepeda sendirian), jaga jarak fisik dan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri).

Untuk memastikan bagaimana implementasi kebijakan tersebut, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin memerintahkan anggota Satpol PP untuk stand by di kantor-kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan pendataan.

Pagi ini,dengan solo ride wali kota sidak ke tiga OPD. Tiba-tiba orang nomor satu di Kota Probolinggo ini datang ke kantor Dinas Kominfo di Jalan Suroyo. Ia mengecek berapa banyak ASN (Aparatur Sipil Negara) yang bersepeda ke kantor.

WhatsApp Image 2020 07 03 at 10.19.32

“Ke depan tidak ada alasan tidak pakai sepeda. Tidak harus mahal sepedanya, yang penting olahraganya,” ujar Habib Hadi dihadapan sejumlah ASN Dinas Kominfo.

Dari Dinas Kominfo, Wali Kota Habib Hadi bergeser ke Kantor Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) di Jalan Soekarno Hatta. Kali ini wali kota juga didampingi Kepala Diskominfo Aman Suryaman. Kemudian menuju ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di Jalan Anggrek bersama kepala Dispopar Budi Krisyanto.

Di sela kegiatannya pagi itu, wali kota menjelaskan BTW agar kedepannya bisa dilaksanakan lebih baik lagi. “Pendataan yang dilakukan Satpol PP sebagai data base untuk mengetahui apakah ada ASN yang udzhur (berhalangan bersepeda) akan dimaklumi, kami kecualikan,” ujar Habib Hadi.

WhatsApp Image 2020 07 03 at 11.14.10

Semua kepala OPD diharapkan bisa menggerakkan semua ASN di lingkungannya, dengan Dispopar sebagai leading sektor. Saat bersepeda, Wali Kota Habib Hadi mengimbau semua ASN tertib di jalan raya dan menghormati pengguna jalan lainnya.

“Ayo jaga kesehatan dengan bersepeda sebagai hobi. Terapkan protokol kesehatan saat berolahraga karena masih dalam masa pandemi. Tetapi, jangan sampai pandemi membuat lengah menjaga kebugaran tubuh,” kata Habib Hadi.

Sebagai OPD leading sektor BTW, Kepala DLH Budi Krisyanto mengungkapkan OPD-nya siap menjalankan komitmen dengan mengajak semua ASN di lingkungannya bersepeda di minggu pertama setiap bulan. “Kami siap juga mengingatkan OPD-OPD lain menjalankan kegiatan ini supaya berbudaya dan bermanfaat bagi kesehatan,” tuturnya.

Sumber : Humas Pemkot Probolinggo

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment