Wawali Probolinggo Gowes Bareng Sejumlah Kepala OPD Serta Bagikan Masker Ke Masyarakat

Wawali Probolinggo Gowes Bareng Sejumlah Kepala OPD Serta Bagikan Masker Ke Masyarakat


PROBOLINGGO – PATROLIPOS.ID
Wakil Wali Kota Probolinggo, Mochammad Soufis Subri Gowes bareng sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, Jum’at (08/08) Pagi.
Selain Gowes, Wawali bersama rombongan juga turut membagikan masker kepada masyarakat dan terus berupaya memberikan edukasi tentang betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan menuju tatanan kebiasaan baru (new normal).


Gowes tersebut dimulai dari kantor wali kota dengan mengelilingi jalan disekitaran Kota Probolinggo dan sempat berhenti dibeberapa tempat untuk membagikan masker dan memberikan edukasi ke masyarakat yan berada disekitar Alun – Alun Kota Probolinggo, Pasar Mangunharjo, Serta Pasar Randu Pangger.
Di Jalan Basuki Rahmat tepatnya di Pasar Mangunharjo, Sejumlah pedagang pasar pengunjung dan banyaknya warga melintas yang kedapatan tidak memakai masker langsung diberi masker oleh Wawali serta wajib dipakai.


Pasca dari Pasar Mangunharjo, Wawali Subri dan Rombongan melanjutkan perjalanan Gowes ke Pasar Randupangger. Kejadian sama terjadi di Pasar ini, karena masih ada saja warga yang tidak memakai masker.
Yang mengejutkan adanya sikap acuh dua pemuda penjual jajanan tradisional di pasar tersebut. Saat ditegur, mereka pun dengan tegas mengaku tak perlu menggunakan masker.


Sikap kedua pemuda ini pun berubah saat Wawali Subri mendatangi dan menanyakan kepada pemuda tersebut terkait maskernya.
“Mana maskernya? Tolong pakai masker ya, sampean ini jualan nanti malah droplet (ludah) masuk ke dalam dagangannya,” kata wawali kepada pemuda yang sempat kekeh tak mau pakai masker.
“Oiya pak, ketinggalan tadi,” kilah pemuda tersebut.


Mendapati jawaban itu, Wawali subri langsung memberikan Dua masker kepada kedua pemuda tersebut lalu dipakai.
“Nah, pakai. Mudah-mudahan nanti tambah laris dagangannya,” tambah wawali.
Saat menyusuri Jalan Serma Abdurahman, Wawali Subri kembali turun untuk kembali memberikan edukasi kepada masyarakat sambil membagikan masker karena kebetulan ada warga yang menggelar hajatan. Namun, hampir semua warga yang hadir di acara tersebut tidak menerapkan Protokol Kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.


“Sebaiknya semua pakai masker. Nanti kalau ada petugas memantau, tidak pakai masker atau menerapkan protap kesehatan nanti dibubarkan karena sekarang ini sedang COVID 19,” Himbau Subri kepada warga yang hadir di hajatan tersebut.
Gowes berlanjut hingga rombongan berhenti lagi untuk memberikan Edukasi dan pembagian masker di Pasar Baru yang merupakan pasar terbesar di Kota Probolinggo, pasca memberikan edukasi ke pasar baru, Rombongan melanjutkan dan menyusuri jalan Cokroaminto dan sempat berhenti di Pasar Krempyeng.
Selepas dari Pasar Krempyeng, Wawali Subri dan rombongan menuju Gladak Serang dan kearah Jalan TGP hingga melewati Taman Maramis.


Ketika di Jalan TGP, rombongan kembali mendapati warga punya hajatan (saat pengajian) yang semuanya tidak memakai masker. Duduknya pun saling berdekatan. Wawali Subri dan Camat Kanigaran Agus Riyanto langsung membacakan surat pernyataan yang ditandatangani penanggung jawab kegiatan (empunya acara).


“Dalam suratnya sudah jelas. Jika tidak jaga jarak, cuci tangan dan tidak pakai masker maka penanggungjawab kegiatan tidak keberatan jika kegiatan dibubarkan paksa. Karena apabila ada satu atau dua orang yang kena (COVID 19) bisa menularkan yang lain,” terang Subri.
Pasca membacakan surat pernyataan, Masker pun segera dibagikan ke masyarakat yang hadir dengan memberikan edukasi terkait protokol kesehatan.
“Camat dan lurah akan ngecek lagi apakah masih seperti ini lagi, Maka Mohon maaf akan kami bubarkan,” tegas Subri.
Saat wawali memberikan imbauan, kebetulan petugas KUA tiba di rumah warga tersebut. Petugas KUA menyampaikan hal serupa, jika warga tidak menerapkan protokol kesehatan KUA bisa pulang dan tidak melanjutkan acara.
“Dari pemerintah ada aturan, Kemenag ada aturan. Jika tidak menerapkan protokol COVID 19 maka mudin akan pulang,” terang wawali.


Reporter : Sayful Husein
     Editor : Anton

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment