Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Provinsi Jawa Timur Siap Pulangkan 6 Orang Terlantar

Patrolipos.id – Senin 24 agustus 2020 Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial atau PSKBS akan memulangkan 6 jiwa orang terlantar, yang terdiri dari 3 orang laki-laki dan sisanya perempuan. Dua orang diantaranya yang berhasil ditemui awak media adalah MAKSI WAHYUDI Usia 40th asal jawa barat yang terlantar di Makassar. Kemudian SOFIYAH Usia 38th bersama anaknya asal Lombok dan terlantar di Jakarta.

Pemulangan 6 orang terlantar ini direncanakan hari ini lewat dua jalur pemulangan, yaitu terminal Bungurasih Sidoarjo dan pelabuhan Perak Surabaya. Tentunya setelah semua persyaratan administrasinya untuk kebutuhan dijalan selesai. Hal ini sebagai pegangan yang bersangkutan agar perjalanan pulangnya aman dan selamat sampai tujuan.

Kepala seksi PSKBS Drs. T. DJOKOSUMBOWO, Msi ketika ditemui diruang kerjanya mengatakan bahwa benar pihaknya akan memulangkan 6 orang terlantar hari ini. “Benar mas, hari ini pihak kami akan memberangkatkan 6 orang terlantar ke daerah masing-masing sesuai asalnya, yang mana mereka sejak kemaren kami tampung di SHELTER” pungkasnya.

“Sedangkan untuk pemulangan ini kami membekali mereka dengan tiket perjalanan dan uang saku sebesar Rp. 90.000 untuk tujuan Lombok estafet Banyuangi. Harapan kami adalah mereka nyampe rumah berkumpul dengan keluarga dengan selamat dan tidak terlantar lagi. Karena kami melayani hal ini hanya sekali bagi orang yang sama” Djokosumbowo menambahkan.

Penyebab terlantarnya mayoritas karena iming-iming kerja dengan janji yang menggiurkan sebesar 3 juta rupiah perbulan untuk pekerjaan rumah tangga. Sebagaimana yang dialami oleh SOFIYAH.

“saya dijanjikan kerja dengan gaji 3 juta perbulan pak, tapi begitu saya terima gaji ternyata hanya 2 juta rupiah, katanya sudah diambil yang ngurus sebagian” Tutur Sofiyah

“jadi kami putuskan pergi dengan bekal seadanya pak, yang akhirnya  kami sampe disini” imbuhnya (syaiful/red).

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment