Upacara Penutupan Pelatihan Tagana Muda Kabupaten Jember Penuh Khidmad

Jember (patrolipos.id) – Minggu 4 Oktober 2020 pukul 13.00 wib di lapangan perkebunan kalijompo desa Klungkung kecamatan Sukorambi kabupaten Jember jawa timur, dilakukan upacara penutupan dan sekaligus menjadi saksi sejarah terbentuknya Tagana muda.

Melalui mekanisme pelatihan yang begitu sengit dari Team FK Tagana provinsi jatim, serta dibantu dari satuan TNI dan instansi pemerintah setempat, baik pelatihan teori ataupun praktek lapangan, peserta pelatihan TAGMUD di penghujung kegiatan juga melalui proses pembaiatan, sebagaimana yang disampaikan Rudy Poerwo W, “Setelah baiat kotor masuk ke sungai dengan konsep, kita bersihkan dan samakan korsa mereka semua, setelah itu baru dilanjut pada upacara dengan mencium bendera penuh penjiwaan, sebagai proses akhir dari kegiatan ini” jelas Rudy.

Suasana haru pun tak terelakkan ketika masuk pada sesi inti upacara, dimana dalam sesi ini peserta TagMud mencium bendera merah putih dan bendera kebesaran Tagana Indonesia. Hanya tangisan haru dan air mata bangga bisa menjadi bagian dari tagana Indonesia yang menghiasi lapangan kalijompo saat itu.

Kasi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Korban Bencana, Teguh Sulistya, SKM dalam sambutannya menyatakan harapannya agar Tagmud menjadi garda utama dalam penanganan kebencanaan di daerahnya masing-masing. “selamat datang tagana muda, kami berharap agar kalian menjadi garda terdepan saat terjadi bencana di wilayah masing-masing, menjadi pribadi yang tangguh dan menjadi relawan yang selalu siap sigap tanggap” pungkasnya.

Pada tempat yang berbeda Twi Adi selaku pemateri dan Koordinator tagana jatim mengatakan pada awak media “Alhamdulillah, berbagai materi yang saya sampaikan dapat mereka cerna dengan baik. Mereka sudah paham apa itu tagana secara totalitas dan siap menjadi tagana seutuhnya” tuturnya(Syaiful/red).

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment