Warga Dinyatakan Reaktif, Tagana Tuban Launching Layanan Dukungan Psikososial (LDP)

Tuban (patrolipos.id) – Tagana kabupaten Tuban dalam sinergitas maksimal dengan berbagai satuan dan instansi terkait, pagi tadi melakukan giat LDP (Layanan Dukungan Psikososial) terhadap warga yang suspect covid-19, jumat 09/10/’20.

Pasca kegiatan Jatim bermasker dan launching hot spring kali panas dusun nganget Desa kedungjambe singgahan Tuban, tanggal 30 September 2020, para hadirin mengikuti rapid test termasuk staf dan pegawai UPT Rehabilitasi Sosial Bina Lara Kronis.

Menurut Taufik Dwi Byantoro Tagana Tuban yang dikomfirmasi jurnalis patrolipos mengatakan, “jadi gini kang Syaiful, setelah dilakukan rapid test pada kegiatan kemaren, hasil rapid test menyatakan reaktif terhadap salah satu pegawai UPT RSBLK. Informasi awal dari dinas kesehatan kepada pemdes Sembung, lalu dilanjutkan oleh Satgas covid 19 yang akhirnya sampai kepada Tagana. Kemudian kami koordinasikan dengan semua pihak untuk segera melakukan aksi tindak lanjut penguatan mental korban bencana covid19 dan pemenuhan kebutuhan dasar, yaitu pemberian sembako pada yang suspect covid 19, atas nama Koesnadi alamat dusun Krajan Rt/Rw: 04/03 desa Sembung kecamatan Parengan Tuban” paparnya.

Penjelasan diatas dibenarkan oleh Mokh. Zainuri tagana teladan sekaligus koordinator Tagana Tuban. “Betul bang, jadi tadi sekitar jam 10.00 wib anggota saya mas Taufik Dwi mendatangi rumah warga reaktif covid-19, sebagai bentuk implementasi dari aksi pasca bencana,karena memang hal ini merupakan rangkaian dari giat sebelumnya. Dan merupakan pengejawantahan giat layanan dukungan psikososial (LDP)” ungkapnya.

“Masa observasi mandiri ini sebagai bagian dari hak korban bencana atas perlindungan sosial, sehingga menjadi wajib untuk dilakukan” imbuhnya.

Beberapa satuan dan instansi yang ikut andil dalam kegiatan pemberian suplemen dan vitamin ini, Iptu Gunadi Kapolsek Parengan, TNI, Dinsos, Pemdes serta pilar-pilar relawan kemanusiaan yang ada di daerah tersebut(Syaiful/red).

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment