PSKBS Dinsos Jatim Pulangkan Enam Orang Terlantar (OT)

SURABAYA, Patrolipos.id – Memasuki minggu pertama bulan November, Dinas Sosial Jatim telah memfasilitasi pemulangan enam orang terlantar (OT). Mereka dipulangkan ke daerah yang berbeda, Kamis (5/11/2020).

OT pertama yang dipulangkan Dinsos Jatim adalah Iwan (57) beserta putranya, Candra Saputra (10). OT rujukan dari Dinsos DKI Jakarta ini dipulangkan ke daerah asal di Kel. Ampenan, Kec. Ampenan, Kota Mataram. Pemulangan itu dilakukan secara estafet melalui Dinas Sosial dan P3A Prov Bali.

“Iwan ditinggal istrinya menikah dengan laki-laki lain. Sementara anaknya ikut bapaknya karena calon suami ibunya jahat dan temperamen. Jadi, dia memutuskan untuk kembali ke daerah asalnya,” ujar Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Dinsos Jatim, Djoko Sumbowo.

Selanjutnya, Dinsos Jatim memulangkan Jimmy Sinae (40). OT rujukan dari UPT Balai Pelayanan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo ini dipulangkan ke daerah asal di Desa Tuapukan, Kec Kupang Timur, Kab Kupang, NTT. Pemulangan juga dilakukan secara estafet melalui Dinas Sosial dan P3A Prov Bali.

“Iwan, putranya, dan Jimmy Sinae sudah diterima petugas Dinsos dan P3A Provinsi Bali, Jumat (6/11/2020) pagi,” jelas Djoko.

Di hari yang sama, Dinsos Jatim juga memfasilitasi pemulangan Yuyun (47) yang merupakan rujukan dari UPT Balai Pelayanan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo. Dia dipulangkan ke daerah asal di Desa Rancasari, Kec Pamanukan, Kab Subang, Jawa Barat.

“Yuyun tiba di Kec. Pamanukan hari ini, Jumat (6/11/2020) pukul 02.00 WIB. Dia diterima petugas Dinsos Kab. Subang dan perangkat desa,” ujar Djoko.

OT selanjutnya yang dipulangkan Dinsos Jatim adalah Ngeteni (65 ) dan putrinya, Susilowati (36). Seperti Yuyun, mereka juga merupakan rujukan dari UPT Balai Pelayanan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo.

“Mereka dipulangkan ke daerah asal di Desa Tegal Mukti, Kec Negeri Besar, Kab Way Kanan, Lampung,” imbuh Djoko. (ul/syai)

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment