Gerakan Reboisasi, Relawan Tanam Ribuan Bibit Di Buper Zone Cagar Alam Alas Simpenan Kediri

Kediri, Patrolipos.id | (minggu,08/11/2020) – Kabupaten Kediri merupakan salah satu daerah di wilayah jawa timur yang dikenal dengan cagar alamnya, yaitu “Buper Zone” (Bumi perkemahan) yang berada di alas Simpenan kab. Kediri.

Dijelaskan salah satu koordinator relawan binaan Dinsos kab. Kediri, Ikbal (korkab tagana Kediri) bahwa, Buper Zone merupakan cagar alam yang berada di kawasan Simpenan kabupaten Kediri. Panoramanya exotis menyejukkan nan hijau, serta satwanya yang familier, jadi kekayaan alam ini harus selalu kami rawat dan kami jaga keutuhannya.

Selanjutnya menurut Ikbal, “kami pada minggu (08/11) dari tagana dinsos kab. Kediri bersama beberapa unsur lainnya, BPBD, TNI, POLRI, POLHUT, DPRD dan Komunitas Peduli Lingkungan kab. Kediri, melakukan kegiatan bersama mas Syaiful” ungkapnya .

“Semua unsur yang terlibat bersinergi melakukan pembersihan lahan, pembuatan jalur inspeksi dan penanaman bibit pohon sejumlah 5600 bibit” Ikbal melanjutkan .

Sealur dengan penjelasan Twi Adi (korprov tagana jatim), dalam wawancaranya menjelaskan,

“Semua Tagana di Jawa timur sudah memiliki program kegiatan kesiapsiagaan berupa taman siaga bencana, dimana taman siaga bencana adalah program pembibitan tanaman pohon menggunakan media sampah plastik sebagai wadahnya” jelas Twi

“Ini dilakukan oleh 38 Tagana kab kota se-Jatim, dan untuk Tagana kab kota yg mempunyai wilayah tugas di kawasan pantai selatan juga akan di tambah dengan pembibitan mangrove, geben dan sejenisnya yang bisa hidup di wilayah pantai” lanjutnya

“Dan nanti tanggal 24 Maret 2021 akan diadakan penanaman mangrove di wilayah pantai selatan Jawa timur, yang bertepatan dengan harlah Tagana yang ke 17 mas” imbuhnya . (Syaiful)

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment