Wali Kota Probolinggo Gelar Audiensi Bersama Komunitas Seni

Probolinggo, Patrolipos.id – Roadshow audiensi Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin masih terus berlanjut. Senin (9/11) malam misalnya, bersama perwakilan Kodim 0820 dan kejaksaan setempat serta sejumlah pejabat pemkot, Wali Kota Habib Hadi bertatap muka dengan berbagai komunitas seni di Galeri Seni Budaya (Gasebu), Jati Kampung Seni (JKS).

Banyak pesan disampaikan oleh orang nomor satu di Kota Probolinggo ini. Seperti, terkait ruang berkarya untuk seniman di Kota Probolinggo memang harus ada. Namun, di masa pandemi COVID 19 ini banyak rencana kegiatan pemerintah yang melibatkan pelaku seni harus gagal dilaksanakan yaitu, gelaran Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro).

“Kegiatan semipro tidak bisa dilaksanakan karena faktor pandemi, mohon dipahami dan dimaklumi. Karena pegiat seni pasti terdampak karena kami tidak boleh melakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak,” kata Wali Kota Habib Hadi.

Untuk itu, wali kota mengajak pelaku seni memahami dan ikut andil dalam mengedukasi masyarakat. Sebagai pelaku seni juga harus melakukan inovasi dalam berkesenian seiring dengan tantangan adanya tatanan kebiasaan baru dalam kehidupan.

“Masih banyak masyarakat belum menyadari protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Melalui kegiatan seperti ini (audiensi), kami ingin memberikan pemahamanan dan menunjukkan kebersamaan antara pemerintah dan forkopimda bahwa kami mengajak semua untuk ikut mengendalikan COVID 19 yang belum selesai ini,” tuturnya.

Di satu sisi Habib Hadi memahami pendapatan pelaku seni ikut terdampak, tapi di sisi lain ada ancaman pandemi COVID 19. “Mari bersama memahami itu. Tanpa ada pemahaman yang sama akan menimbulkan multi tafsir. Satu sisi mata pencaharian, sisi lain resiko kesehatan menjadi tanggung jawab bersama,” kata mantan anggota DPR RI itu.

Audiensi yang menjembatani antara pemerintah dan komunitas, menjadi ruang berkomunikasi dalam menyelesaikan kendala yang terjadi. Habib Hadi berharap dengan kegiatan tersebut bisa memberikan hal terbaik khususnya untuk masyarakat Kota Probolinggo.

Ia juga meminta pelaku seni agar bersabar dalam menghadapi pandemi COVID 19 yang dialami semua elemen dari berbagai bidang. Penyelenggaraan audiensi di Gasebu pun menjadi bentuk apresiasi pemerintah terhadap pelaku seni di Kota Probolinggo.

Sumber : Humas Pemkot Probolinggo

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment