Antisipasi Gelombang Tinggi, Tagana Siap Tanam Ribuan Bibit Mangrove

Pasuruan, Patrolipos.id – pantai utara kelurahan panggungrejo kecamatan panggungrejo kota pasuruan, menjadi lokasi pilihan para relawan tagana dinsos kota pasuruan melakukan giat penyemaian ratusan bibit mangrove (Minggu, 22 November 2020), dengan menggunakan lumpur dan kantong plastik sebagai media utamanya.Kegiatan ini sebagai langkah persiapan para relawan tagana tuk menyambut harlah tagana pada awal tahun depan, yang direncakan akan diramaikan dengan aksi serentak penanaman bibit konservatif pantai, dengan tajuk “Tagana menjaga alam”.

Sepaham dengan penjelasan Luluk setyorini (korkot) tagana kota pasuruan. Kami sudah menyemai sejumlah 350 bibit mangrove dan 200 bibit waru. Kegiatan ini akan terus kami lakukan hingga nanti jelang HARLAH Tagana di bulan maret tahun depan, ucap luluk .

Begitupun yang dilakukan relawan tagana dinsos kabupaten sampang (Madura Raya) . Mereka juga melakukan penyemaian bibit yang sama dengan apa yang dilakukan tagana kota pasuruan.

Namun yang menjadi berbeda adalah pada jumlah hasil semai, tagana sampang yang memilih lokasi di dusun Taddan tengah, desa Taddan kecamatan Camplong Sampang, dengan menggerakkan 16 personil, mereka mampu menyemai bibit mangrove sebanyak 500 bibit. Hingga hari ini, tagana mereka sudah menyemai sejumlah 1500 bibit mangrove.

Alhamdulillah, kami hari ini bisa melakukan penyemaian 500 bibit mangrove kak , dengan dibantu oleh pihak dinas dan perangkat desa Taddan , tegas Mulyadi.Hal ini dibenarkan oleh korkab tagana, Syakur Madas .

Pihaknya akan terus menambah angka hasil penyemaian sebanyak banyaknya, yang dimaksudkan selain untuk HARLAH Tagana, juga akan dimamfaatkan untuk program Tagana Menjaga Alam secara berkesinambungan , tegasnya (Syaiful) .

Bagikan :

Related posts

Leave a Comment